Pengertian Ta’zir yang Hanya Ada di Dunia Pesantren

EDUKASI SANTRI Kisah Santri

Santridasi  Pengertian Ta’zir yang Hanya Ada di Dunia Pesantren. Dalam dunia pendidikan yang berlabel Dinniyah [agama] yang biasa diterapkan di Madrosah atau ponpes-ponpes NUsantara hampir semua mengenal Sorogan bandongan syawir takror dan tak lupa ta’zir [hukuman].

Pengertian Ta’zir yang Hanya Ada di Dunia Pesantren. Kata terakhir inilah yang paling ditakuti oleh santri pada umumnya, karna yang terbayang dari santri adalah sebuah hukuman dari pengurus pondok yang diberikan kepada mereka.

Baca Juga: Adab memuliakan Al’Qur’an

Seorang santri yang melanggar peraturan pondok akan mendapat hukuman atau ta’zir dari pengrus pondok sesuai dengan tingkat kesalahan mereka. semakin berat kesalahan yang mereka lakukan maka akan semakin berat pula hukuman atau ta’zir yang akan dia dapatkan.  berikut ini adalah pengertian ta’zir

Ta’zir adalah

والّتعز ير تأدب على ذنوب لم تشرع فيها الحدود

Hukuman yang bersifat pendidikan atas perbuatan Dosa[ arti khusus] yang hukumannya belum ditetapkan oleh syara’. Ta’zir menurut fuqoha’ adalah suatu hukuman bagi pelanggar hak Allah dan hambaNya, namun hal itu tidak ditentukan di dalam al-Qur’an maupun hadits.

Baca Juga: Renungan untuk para santri atau para pencari ilmu

Namun Dosa disini bukan Dosa pada umumnya yang di sebabkan oleh perbuatan yang melanggar hukum agama dan laknat Alloh menanti sebagai balasan,namun sekedar melanggar hukum pesantren atau madrosah seperti tidak mengikuti jama’ah sholat jama’ah shubuh,tak hafal pelajaran yang sudah di tetapkan oleh guru,keluar pesantren tanpa idzin pengurus dan sebagainya dan hukumanya bersifat pendidikan seperti membersihkan kamar mandi,menguras kolam[blumbang] membaca surat yasin kahfi hingga hitungan tertentu ,dan di gundul bila putra bila putri memakai kerudung iqob[kerudung yang warnanya mencolok]

Inti dasar dari ta’zir di dunia pendidikan pesantren adalah kasih sayang,bukan balas dendam bukan perpeloncoan dan bukan praktek kekerasan.

Itulah budaya pendidikan pesantren yang ditanamkan di setiap para santri bahwa suatu kesalahan akan mendapatkan konsekuensinya atau hukuman. dan disinilah mengajarkan santri agar selalu disipin dan bertnggung jawab atas apa yang dia lakukan atau dia langgar.

Itulah Pengertian Ta’zir yang Hanya Ada di Dunia Pesantren

Oleh: Darjo Pomo

Hasil kajian fiqih dan kitab kuning grup DASI bisa anda kunjungi di Benangmerahdasi.com
Info seputar pondok pesantren dan kegiatan grup DASI bisa anda kunjungi di Santridasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.